Formasta

BEKERJA UNTUK BELAJAR


Literasi Mahasiswa Sumatera
UBHI PGRI Tulungagung 

ForMASTA Tulungagung - Pada tahun 2021 alhamdulilah saya bergabung di percetakan biru yang ada di sekitar kampus UIN SATU Tulungagung, awal mulanya saya tertarik ingin bergabung menjadi bagian tim di percetakan biru kerena percetakan biru banyak sekali menyediakan kebutuhan-kebutuhan mahasiswa dan masyarakat.

Percetakan biru terkenal dengan pelayanan dan kualitas pengerjaannya. Pertama kali gabung di percetakan biru saya masih belum tau sama sekali bagaimana cara mengoperasikan computer, bagaimana print di beberapa printer, setting foto copy di IRA, jilid hard cover dan masih banyak lagi. Alhamdulilah Nya tim yang lama pada baik semua, sehingga saya di arahkan dan dipelajari sampai benar-benar paham dan bisa untuk melakukan sendiri, saya sangat sadar walaupun saya orangnya banyak tanya serta cepat lupa untuk hal yang baru di pelajari akan tetapi tidak menyurutkan semangat saya untuk terus belajar. 

Untuk memenuhi kebutuhan dan tuntunan hidup. Sering kali kita tidak keberatan mengerjakan apapun asalkan dapat pesangon atau uang saku. Meskipun tidak sesuai dengan passion dan keahlian yang dimiliki, bekerja apapun tidak menjadi masalah. Akhirnya pekerjaan yang di lakukan itu semata-mata untuk mendapatkan uang.

Sebenarnya, tidak sepenuhnya salah jika kita mempunyai pikiran bahwa berkerja untuk mendapatkan uang. Sebab, kita bekerja memang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang ujung-ujungnya adalah uang.

Akan tetapi, hal ini akan berpengaruh negative pada mindset dan improvement atau pengembangan diri. Ketika pola pikir kita hanya tertuju pada uang, hidup kita akan monoton, hidup kita akan stack si situ-situ saja. Bekerja yang tidak sesuai dengan passion dan keahlian yang dimiliki bisa membuat pola pikir kita mengarah kepada pemaksaan diri untuk bekerja yang sebenarnya tidak sesuai dengan keinginan kita.

Maka dari itu, mindset harus segera di ubah. Jangan bekerja hanya untuk mendapatkan uang, tetapi bekerjalah untuk belajar. Tanamkan kedalam pikiran bahwa hidup untuk belajar, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, dan wawasan yang kita peroleh bisa menjadi pintu gerbang untuk meraih kesuksesan dan kebahagian hidup.

Menurut (Hendry Ford) Seseorang yang berhenti belajar adalah orang lanjut usia, mungkin umurnya masih remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemuda.

Agar kita bisa terus berkembang dan bisa mewujudkan hal yang lebih baik di masa depan, supaya tidak hanya berfokus pada uang, lakukan beberapa hal berikut;

  1. Cari tahu impian yang ingin diwujudkan
  2. Identifikasi passion dan keahlian yang dimiliki
  3. Belajar dari pengalaman sendiri dan orang lain
  4. Terus arah potensi agar bisa berkembang. Jangan takut dengan kegagalan
  5. Belajar dari kesalahan orang lain.


Pimred: Ahmad Maryono, S.Pd
Penulis: Ahmad Maryono, S.Pd
Editor: Oktavia Dwi Lestari

Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi