Formasta

Tak Perlu KEPO

 

Literasi Mahasiswa Sumatera
Pascasajana UBHI PGRI Tulungagung


ForMASTA Tulungagung - Salah satu sifat alami yang dimiliki manusia adalah rasa ingin tahu. Kita ingin mengetahui dari suatu yang telah kita dengar maupun kita lihat.


Di satu sisi, keingintahuan ini akan membantu manusia untuk mengumpulkan pengetahuan dan permasalah yang akan dihadapi. Di sisi lain, rasa ingin tahu ini bisa bersifat negatif, misalkan saja kita ingin tahu kehidupan orang lain, lalu membandingkannya dengan kehidupan kita sendiri.


Yaaa, kita sering terlalu KEPO dan mengurusi kehidupan orang lain, baik terhadap orang lain yang dilakukan ataupun terhadap pencapaian yang diraihnya.


Dampaknya, kita nanti akan suka membanding-bandingkan diri sendiri dengan capaian mereka. Sehingga kita akan lupa tujuan dan fokus terhadap pencapaian yang kita impikan.


KEPO sendiri merupakan kepanjangan dari Knowing Every Particular Object  yang artinya kurang lebih ialah seseorang yang penasaran atau ingin tahu segalanya tentang suatu hal.


KEPO yang terlalu berlebihan kepada kehidupan orang lain justru bisa membuat kita lupa bahwa kita juga punya kehidupan sendiri. KEPO hanyalah membuat kita tidak menyadari bahwa kita juga punya potensi yang mungkin tidak dimiliki orang lain. 


KEPO dengan kehidupan orang lain takkan mengubah apapun salam hidup kita. Sebab, yang ada dalam pikiran kita cuma tentang kehidupan dan permasalahan orang lain, sedangkan hidup kita sendiri stuck di situ-situ aja.


Dari pada kita terlalu banyak mengintip kehidupan orang lain, mari perbaiki pola pikir kita agar bisa lebih baik diri sebelumnya. Contohnya saja bertanya ke pada teman dekat tentang diri kita itu seperti apa, kurangi aktivitas di media sosial, belajar mengekspresikan diri sendiri dan fokus pada impian kita sendiri


Penulis: Ahmad Maryono SP.d
Editor: Oktavia Dwi Lestari
Pimred: Ahmad Maryono SP.d

Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi