Formasta

ForMASTA dan ForMASI

 

Literasi Bujang Sumatera Karya  Mahasiswa S-2 Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung


ForMASTA Tulungagung - Suatu perkumpulan anak rantau yang berasal dari kepulauan Sumatera dari provinsi lampung sampai provinsi aceh, yang dimana ForMASTA dan ForMASI ini menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa Sumatera yang kuliah di Tulungagung.


Namun ForMASTA dan ForMASI ini tidak mempunyai peraturan khusus seperti ARDT atau UUD untuk organisasi karena ForMASTA dan ForMASI sudah mempunyai landasan paseduluran (persaudaraan) yang sudah paten dan tidak bisa dirubah.


Organisasi ini memberikan wadah bagi mahasiswa sumatera untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan kreativitas yang dimana bisa menjadi tempat untuk mencari wawasan dan pengetahuan serta pengalaman yang tidak bisa di dapatkan dalam ruang kelas. Penting untuk kita ketahui ForMASTA dan ForMASI merupakan wadah yang sama.  


Peran organisasi ini dapat menjadi salah satu wadah dimana para mahasiswa dapat berkumpul, dapat bertukar pikiran, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan Bersama.


Banyak kasus dimana mahasiswa Sumatera belum mengerti apa itu organisasi ForMASTA dan ForMASI, sehingga tidak ikut andil di dalam organisasi tersebut. ForMASTA merupakan forum Mahasiswa Sumatera yang mengusung visi seduluran (persaudaraan) sesama mahasiswa yang kuliah di Tulungagung. 


Cita-cita berdirinya organisasi ForMASTA sudah finis, akan tetapi dengan perkembangan zaman tahun demi tahun mahasiswa sumatera yang kuliah di tulungagung semakin banyak sehingga mahasiswa sumatera mempunyai inisiatif untuk memetakan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan di dalam organisasi ForMASTA.


Seperti halnya membuat lembaga Pers dan literasi untuk ForMASTA. Yang di tandai dengan nama ForMASI mempunyai motto berpikir, membaca dan bersuara melalui tulisan. 


ForMASI singkatan dari Forum Mahasiswa Sumatera Pers dan Literas. Cakupan program dari ForMASI sendiri mempublikasikan program ForMASTA, melatih daya berpikir mahasiswa Sumatera, diskusi serta pelatihan kepenulisan.


Patut digaris bawahi bahwa ForMASI ini suatu lembaga literasi mahasiswa yang dibawah naungan ForMASTA.


Jalannya suatu roda organisasi yang baik tidak terlepas dari tingkat kerja sama semua lini yang ada dalam organisasi itu sendiri. selain itu suatu proses pelaksanaan program yang dilakukan oleh organisasi dalam mencapai tujuan harus ditunjang dengan kerja sama dan manajemen yang disepakati bersama untuk mencapai tujuan organisasi. 


#SALAM SIMBA #SALAM LITERASI



Penulis : Ahmad Maryono, S.Pd.

Editor : Endang Fitriani

Pimred : Ahmad Maryono, S.Pd.



Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi