Formasta

Angkuhnya Ego Manusia

 

literasi bujang sumatera

ForMASTA Tulungagung- Pernahkah kamu punya keinginan tapi malah bertolak belakang?.

Tapi, setiap keinginan manusia pasti ingin tercapai bagaimanapun juga meski dalam kenyataannya hidup manusia tidak sesuai persepsi yang dirancang otaknya. Manusia sering bahkan setiap saat akan punya keinginan meski dia kadang tau itu hanya akan menjadi khayalan kosong.

Keinginan seseorang ada yang ingin tidak sombong tapi ego menuntunnya secara perlahan-lahan kepada kesombongan buta yang membuatnya menjadi celaka, tanpa dia sadari semakin mendalam dia akan terjebak akan kesesatan.

Hebatnya manusia bisa mengalahkan egonya dengan kesungguhan, secara perlahan-lahan egonya akan mengalah, terus, terus, dan terus. Tapi jangan diberi kesempatan untuk bisa bertahta dan berjaya menggiring hidupmu dalam kesesatan kembali.

Filosofi hidup manusia bahagia, hidup tenang, tidak susah, dan punya segalanya. Tuhan kadang memberikan kehendak yang berbeda, baik sebagai ujian ataupun sebagai peringatan.

Terlampau dari sisi tersebut tujuan hidup manusia bisa meraih apapun yang ada dalam pikirannya tanpa kendala apapun, memangnya hidup itu bisa berjalan sesuai dogma yang ditentukan diri sendiri, toh kita hanya berikhtiar. Tentu saja kita akan tersendak-sendak yang kun fayakun itu hanya tuhan bukan ciptaan tuhan, jangan terlalu bodoh hidup itu tak semudah membolak balikkan telapak tangan.

Harus ada yang memberi dan harus ada yang diberi, harus ada yang susah dan harus ada yang mudah, begitulah stigma hukum alam yang harus terjadi. Tersusun rapi tidak ada kata revisi ini soal dunia  seluruhnya dan tentang yang lebih rahasia dari dunia.

Keangkuhan ego membuat manusia kadang menjadi buta, kadang menjadi dengki, kadang menjadi iri, kadang menjadi bangga diri sehingga muncullah akhlak-akhlak tidak terpuji yang menyebabkan seorang manusia jadi pembenci dan dibenci, malah bukan jadi manusia terpuji.

Sehebat apapun manusia jika sudah tak hati-hati bisa saja akan lupa diri, siapa dia, dan tujuan dia.


Penulis: A.Maryono, S.Pd.

Editor: Endang f

Pimred: A.Maryono, S.Pd.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi