Formasta

Surga Kecil Yang Berada Di Lumajang

Nurin Kartika Sari

Air Terjun Tumpak Sewu atau yang dikenal juga dengan sebutan Coban sewu merupakan Salah satu air terjun yang terletak di perbatasan Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Yang memiliki ketinggiannya kurang lebih 120 meter, selain itu juga air terjun ini menyuguhkan berbagai pemandangan yang sangat indah, jika dilihat dari atas makan kita akan bisa melihat pelangi yang terbentuk dari pembiasan cahaya. Hal ini membuat membuat pemandangan air terjun tampak lebih indah.

Air Terjun Tumpak sewu Yang berada disebuah lembah Yang cukup curam dengan elevasi 500 Mdpl, terdapat di aliran Sungai Glidig yang berhulu di Gunung Semeru. Air Terjun Tumpak Sewu ini juga memiliki karakteristik yang cukup unik mengingat aliran air yang jatuh kebawah ini, tentunya cukup lebar dan terlihat seperti tirai sehingga tampak seperti mengelilingi sebuah lembah. Tak heran jika kita berada diatas lembah tersebuh maka kita bisa menyaksikan air terjun ini terlihat begitu luas. Keindahan yang ada disini sangat jarang bisa dilihat ditempat lainya. 

Selain itu juga hamparan pepohonan dan tumbuhan hijau ikut mengelilingi disekitar area lembah dan barisan air terjun tersusun rapi berada disekitarnya membentuk pemandangan yang sangat istimewa. air terjun ini juga memiliki julukan air terjun terindah dipulau jawa. Mungkin karna banyaknya air terjun yang jatuh kebawah lembah tersebut, sehingga menjadikan penamaan air terjun ini sebagai Air terjun 1000 (Coban sewu).

Pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun dari atas maupun dengan turun kebawah, akses jalan yang dilalui untuk dapat sampai di bawah cukup ekstrim, dengan melewati anak tangga kecil yang hanya bisa dilalui oleh satu orang saja, beberapa jalan bahkan tidak memiliki tangga, dan hanya berpijak pada batu-baru licin yang dialiri air. Tetapi rasa lelah tersebut akan terbayarkan ketika wisatawan sudah samai di bawah air terjun. Udara yang sejuk dan pemandangan yang luar biasa benar-benar mampu memanjakan mata kita, mungkin karena alasan itulah banyak wisatawan domestik maupun luar negeri yang mengunjungi air terjun ini.


Tulungagung, 24 Desember 2021

Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi