Formasta

PROGRAM KERJA BIDANG PUISI


Proker I (Desember 19/2021)
Oleh : M Asrul Stiawansyah 

Nama Program          : Pembuatan Buku Antologi Puisi (Tema di tentukan)

Waktu                         : 27 Desember 2021 -30 maret 2022

Lokasi                         : Kegiatan di laksanakan secara online /gogle meet

Target Peserta           : Team internal bidang puisi (anggota)

Pemateri                     : Pemateri adalah Kabid Puisi,Pimred Literasi

Penanggung Jawab   : Kabid Puisi (M Asrul Stiawansyah)

Tujuan                       :

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah menambah wawasan kepada anggota kepenulisan puisi mengenai pengetahuan kepenulisan puisi yang baik dan benar. Memberikan kesempatan kepada anggota untuk mengembangkan kreativitas yang akan diimplementasikan kedalam karya tulis ilmiah.

Rasionalisasi              :

Keterampilan membaca dan menulis pada abad 21 menuntut kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis dan refrektif, sedangakan sekolah belum mampu mengajarkan kompetensi tersebut. Kegiatan membaca perlu dikuatkan dengan pembiasaan membaca di keluarga dan masyarakat. Literasi adalah gerakan atau upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan organisasi pembelajaran yang anggotanya literat (berpendidikan) sepanjang hayat dengan melibatkan publik. Literasi abad 21 menuntut mahasiswa mampu memiliki kemampuan dalam mengakses, memahami dan menggunakan informasi secara cerdas. Organisasi disebut literat ketika organisasi menyenagkan dan ramah  dimana semua anggota organisasi menunjukkan empati, kepedulian semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan cakap berkomunikasi dan berkontribusi pada lingkungan social. Semua anggota organisasi dan luar organisasi wajib terlibat dalam penumbuhan budaya literasi. Secara umum tujuan Gerakan Literasi  adalah menumbuhkan budi pekerti dan keahlian dalam menulis melalui pembudayaan ekosistem literasi organisasi agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Target Keberhasilan :

Target kepenulisan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam kepenulisan puisi, anggota dapat membuat puisi dengan baik dan benar, target yang berikut nya adalah di dalam satu minggu setiap anggota diwajibkan mengumpulkan 4 karangan puisi sesuai dengan tema yang telah ditentukan ,target berikutnya adalah semua anggota kepenulisan puisi dapat menyelesaikan buku antologi puisi sesuai dengan target.

Teknik Pelaksanaan  :

Kegiatan ini ini dilaksanakan dengan sistem berkelanjutan pembuatan buku antologi puisi dilaksanakan dengan cara cara melakukan follow up dua minggu sekali. Follow up setiap 2 minggu digunakan untuk mengevaluasi dan membenahi setiap kekurangan di dalam penulisan puisi yang telah dilakukan. Kegiatan ini langsung dikawal oleh Kepala Bidang puisi selama proses hingga selesai. Kegiatan dilaksanakan sejak 27 Desember 2021 hingga 30 Maret 2022.


 Tulungagung, 25 Desember 2021

Penulis                    : M. Asrul Setiawansyah

Pimpinan Redaksi    : Bang Ahmad Ridwan, M.Pd

Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi