Formasta

PROGRAM KERJA BIDANG ESAI

 

Proker I (Desember 19/2021)

Oleh : Endang Fitriani 


Nama Program    :

 Pembuatan buku antologi esai “Tema bebas”

Waktu    :

Untuk pelaksanaan program akan dimulai pada Minggu, 26 Desember 2021 – Selasa, 24 2022

Lokasi    :

Kegiatan dilaksanakan via online “zoom” dan via “offline dengan lokasi sesuai kesepakatan pihak yang terkait”(jika tidak ada kendala).

Target Peserta    :

Team internal bidang esai (anggota yang magang)

  • Ana Budi Listiani
  • Nafidatul Usnah
  • Putri Indah Lestari
  • Imroatu Solikha
  • Intan Daris Malia
  • Laila Nuraini
  • Fikron Nada

Pemateri    :

Pemateri adalah Kabid Esai, Pimred Literasi, External.

Penanggung Jawab    :

Kabid ESAI (Endang Fitriani)

Tujuan    : 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi public agar lebih memiliki wawasan terkait dengan tema yang dipilih, karena dalam program pertama ini saya selaku penanggungjawab memberikan kebebasan dalam prihal memilah tema. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah dan melatih kemampuan berkarya, menulis, dan berliterasi sebagai wujud bentuk untuk meningkatkan  dan berkredibilitas tinggi SDM yang berkualitas

Rasionalisasi    :

Literasi merupakan sarana untuk belajar bagi setiap orang, dengan menguasai literasi maka menjadikan seseorang lebih mudah untuk mempelajari berbagai bidang, pendidikan tanpa budaya literasi ibarat manusia dalam kondisi tuna aksara. Selain itu, dalam kancah dunia pendidikan dan sektor ekonomi di era modernisasi seperti saat ini semua telah berbasis literasi dan digital. Bagi setiap orang yang tidak membuka diri untuk berliterasi maka siap-siap untuk tergerus oleh peradaban yang semakin berkembang, selain dari itu kita adalah kalangan mahasiswa, dengan sebutan kaum intelektual yang dituntut bisa membawa perubahan ( agent of change) yang dipercaya dimasyarakat untuk merubah kearah yang lebih baik tatanan masyarakat Dengan diadakan program kepenulisan ini mempermudah interpersonal dalam menguraikan tentang masalah secara sepinitas dari sudut pandang penulis sendiri.

Target Keberhasilan    :

Kegiatan ini memiliki beberapa target yang dituju, diantaranya adalah semua tim bidang esai bisa menulis esai dengan baik dan benar, target yang kedua adalah semua team esai bisa menyelesaikan pembuatan buku antologi, target yang ketiga memberikan pengalaman dalam hal menulis dan merangkai kata yang bermakna

Tejnik Pelaksanaan      :

Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem berkelanjutan, pembuatan buku esai antologi dilaksanakan dengan cara melakukan follow up seminggu sekali. Follow up setiap minggu digunakan untuk mengevaluasi, membekali,membimbing, dan meninjau kembali hal-hal yang perlu untuk diperbaiki. Selain itu, kegiatan ini langsung dikawal oleh kepala bidang esai selama proses hingga selesai. Pelatihan akan tetap dilasanakan walaupun sudah menghasilkan satu buku antologi, karena diadakan program kepenulisan ini bukan semata-mata untuk menghasilkan karya saja, namun untuk memberikan wadah ataupun peluang bagi mereka yang benar-benar dan berkomitmen dalam mengembangkan SDM. Kegiatan dilaksanakan sejak 26 Desember 2021 hinga 24 April 2022.

 

Tulungagung, 24 Desember 2021

 

Penulis : Endang Fitriani

Pimred    : Ahmad Ridwan, M.Pd

Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi