Formasta

Pentingnya kesadaran mahasiswa untuk mengembangkan diri

Chintya Amalia

Seperti yang kita ketahui, di tengah pandemi yang tak kunjung usai ini, kuliah tetap dilaksanakan, tetapi secara online atau daring. Banyak mahasiswa yang mengeluh soal kuliah online. Mulai dari materi yang sulit dipahami, kehilangan momen masa-masa kuliah, jarang bertemu teman sekelas dan bosan hanya dirumah saja. Mahasiswa jadi lebih sering bermalas-malasan.

Kuliah yang seperti ini membuat pemikiran mahasiswa kurang maju, atau skill yang masih segitu-gitu aja. Apabila mahasiswa tidak mencari kegiatan diluar perkuliahan, maka tidak ada perkembangan skill ataupun mindset yang lebih luas. Jika mahasiswa tidak ada inisiatif untuk mengembangkan dirinya sendiri maka sangat merugi mahasiswa tersebut. Apalagi ditengah pandemi yang hanya dirumah saja, banyak yang bisa dilakukan tetapi jika tidak ada kemauan merubah diri maka tetap tidak akan ada hasil.

Organisasi sebagai wadah menambah soft skill

Setiap kampus memiliki organisasi yang sangat banyak. Mulai dari yang inter kampus ataupun diluar kampus. Tujuan setiap organisasi juga berbeda-beda tinggal kita pilih yang sesuai tujuannya sama diri kita. Pastikan kita memilih organisasi yang bermanfaat buat diri sendiri. Dan harus tau skala prioritas, Jangan terlalu banyak mengikuti organisasi karena kita akan kesulitan membagi fokus. Dan bisa jadi melalaikan tugas karena terlalu sibuk berorganisasi.

Setelah kita menemukan organisasi yang cocok dan bermanfaat buat diri kita, kita harus mengembangkan diri dalam organisasi tersebut. Kita jangan hanya menjadi batu asahan untuk orang lain. Yang artinya orang lain sudah berkembang banyak kemampuan nya sedangkan kita hanya segitu-gitu aja. Jadi kita juga harus bijak dalam berorganisasi. Berorganisasi juga dapet menambah pengalaman, yang mana belum tentu orang lain bisa mendapatkan nya. Jadi kita harus pandai belajar dari pengalaman yang kita peroleh dalam berorganisasi.

Banyak sekali manfaat dan relasi ketika kita mengikuti organisasi diantaranya adalah melatih bekerjasama dalam bentuk tim kerja multi disiplin, membina sikap mandiri, percaya diri, disiplin dan bertanggungjawab, melatih berorganisasi.elatih berkomunikasi dan menyatakan pendapat di muka umum, membina dan mengembangkan minat bakat, menambah wawasan, meningkatkan rasa kepedulian dan kepekaan pada masyarakat dan lingkungan mahasiswa, membina kemampuan kritis, produktif, kreatif dan inovatif (Silvia Sukirman 2004: 69).

Bisa kita lihat, manfaat berorganisasi sangatlah banyak. Tentu saja kita bisa mendapatkan semua itu apabila aktif dalam berorganisasi. Karena keaktifan dalam berorganisasi juga sangat berpengaruh dalam pengembangan diri. Apabila ada kegiatan seperti pelatihan, seminar, pembahasan organisasi, ataupun kegiatan lainnya kita tidak hadir maka berbedalah kemampuan kita dengan teman-teman yang hadir dan mengikuti kegiatan tersebut.

Mempelajari sesuatu saat dirumah saja

Di tengah pandemi saat ini kita dituntut dirumah saja. Tetapi kemajuan teknologi tidak menghalangi kita untuk melakukan kegiatan, seperti bekerja ataupun belajar. Kita harus pandai memanfaatkan situasi seperti ini untuk menambah kemampuan maupun wawasan. Karena kita mempunyai banyak waktu kosong, kita bisa mempelajari sesuatu. Seperti belajar bahasa asing, belajar memasak, merajut, ataupun belajar hal yang lain yang sesuai dengan minat kita. Tetapi diperlukan keseriusan dalam mempelajari nya agar memperoleh hasil yang bagus.

Saat ini sudah banyak media platform yang mengajarkan sesuatu. Banyak juga Chanel YouTube yang memberi tutorial. Mulai dari make up, memasak, atau tutorial lainnya. Hal ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Kita tidak perlu dana yang besar untuk mengikuti kursus, cukup melalui YouTube kita bisa mempelajarinya. Dengan begitu kita bisa tetap produktif walau dirumah saja. Kita juga bisa mengikuti pelatihan yang diadakan secara online ataupun komunitas sehingga kita bisa bertanya apabila mengalami kesulitan dan membandingkan kemampuan yang sudah kita dapat dengan orang lain.

Demikian beberapa cara untuk mahasiswa agar bisa menambah softskill sehingga bermanfaat buat diri sendiri di masa sekarang maupun masa depan. Jangan sia-siakan waktu yang ada. Karena waktu tidak bisa kembali. Dan manfaat kan saja apa yang ada, jangan sampai kita yang merugi sendiri.


Tulungagung, 06 November 2021



Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi