Formasta

TIME MANAGEMENT

 

Endang Fitriani

Waktu  adalah  hal suatu yang alami, sebuah keadaan, atau serangkaian pola gerak gerik hidup yang kita ciptakan dengan sadar dan tidak sadar. Serangakaian  pola hidup yang kita ciptakan dengan sadar adalah sebuah sebuah program yang kita rencankan sebelum  melakukannya. Pola hidup dengan cara abstrak merupakn pola hidup yang  terlaksana tanpa direncana. Berharganya waktu yang tidak bisa diulang sehingga kita diharuskan benar-benar untuk memanajemen waktu dengan sebaik mungkin.

Setiap manusia sangat diharuskan untuk bisa memanajemen waktunya sendiri. Manusia memiliki waktu 24 jam dalam sehari untuk bisa diolah dengan tepat dan efesien. Tepat atau efisiennya waktu yang kita olah terdapat bagaimana kita bisa memahami nilai waktu, untuk berhasil dalam aspek pekerjaan dan kehidupan. Pengorganisasian dan pengelolaan waktu yang baik dapat membantu  kita dalam meningkatkan kenirja dan karir hidup kita. Memiliki ketrampilan dalam mengelolah dan memanajemenkan waktu dapat mengarahkan kita kepada pencapaian hidup serta memajukan posisi kita.

Faktanya dalam memanajemen waktu dengan baik dan efesien kadang kali masih banyak terbelangkai dengan kegiatan-kegiatan yang tanpa kita sadari. Perlunya niat yang diperkuat dalam memanejemen waktu, mengapa begitu? hakikatnya manusia adalah seorang makhluk yang tidak bisa terlepas dari hawa nafsu.. Hawa nafsu dapat meranah kedalam hal negative namun juga bisa meranah kedalam hal positif. Berbicara hawa nafsu, banyak sekali orang mengideologikan  sebuah gairah yang mengarah kedalam hal yang negative, padahal dalam definisinya hawa nafsu didalam sumber ajaran kita (islam) itu terbagi menjadi dua, pertama yaitu hasrat yang dapat menuntun kita kedalam hal yang baik dan yang kedua hasrat yang dapat menuntun kita dalan keburukan. Maka dari itu pentingnya kita untuk benar-benar mempunyai niat yang kuat dalam memanejem waktu kita sendiri, karena terkadang  nafsu datang dengan tidak pernah kita menginginkan kehadirannya.

Memanajemen waktu dengan baik dan benar, kita dapat menerepkan hidup sehat, hidup sehat disini bukan meranah keedalam definisi makan empat sehat lima sempurna, namun cara hidup yang sehat adalah pola hidup yang terstruktur serta komitmen didalam diri kita sendiri, bagaimana kita bisa mengolah waktu kita agar tidak terbuang sia-sia. Cara hidup sehat dapat kita terapkan dengan menguatkan niat, penerapan time management serta pemberdayaan waktu, memperbanyak jam  terbang, mulai melakukan pengendalian secara struktural terhadap sebarapa banyak waktu yang kita gunakan, memperbanyak mentoring dengan orang-orang yang lebih ahli, memahami serta mematla’ah atas pentingnya waktu dalam kehidupan.

Waktu adalah  emas, waktu adalah pedang, ketika kita sendiri tidak bisa mengolah waktu dengan baik, maka kita yang akan terbunuh dengan waktu  kita sendiri, terbunuh disini diartikan sebagai bentuk kerugian-kerugian yang kita ciptakan karena kerunganya kesadaran atas nilai-nilai waktu yang berharga.


Tulungagung, 03 November 2021



Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi