Formasta

Mahasiswa rantau

formasta
Gerakan Literasi Gadis Sumatera 
Nurin Kartika Sari


Mewujudkan sebuah impian yang akan menjadikan sebuah harapan untuk masa depan nantinya, dimana saat ini hanya pengalaman yang akan menjadi guru terbaik. 

Sebuah pengalaman yang dapat membuatmu tetap bertahan, menjadikan pribadi  lebih tangguh lagi. 

Menjadi mahasiswa rantau tidak semudah itu bukan? 

Ya, bayangkan saja kamu harus bisa beradaptasi mulai dari nol lagi agar bisa bertahan hidup di lingkungan baru, yaitu lingkungan perantauan. Semua harus kamu mulai dari awal kembali, untuk belajar kebudayaan baru, kebiasaan baru, teman-teman  barumu, bahkan lingkungan tempat tinggal yang baru juga.

Inilah yang membuat para mahasiswa rantau menjadi sangat unik, karena kamu memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan mahasiswa yang bukan perantau.

Mungkin menyandang status sebagai mahasiswa rantau salah satu hal terberat. Tetapi, percayalah kalau kita bisa membaginya dengan sesama teman perantau yang lainnya juga. Keuntungan  lainnya ketika kamu menjadi mahasiswa rantau adalah kamu jadi memiliki banyak teman dari berbagai daerah Yang lainnya. Hubungan pertemananya dengan orang-orang itu juga akan jauh lebih erat karena kamu bisa merasa satu nasib dan satu perjalanan. Kita juga bisa saling berbagi, dan saling membantu  apabila salah satu diantara kita ada mengalami masalah atau menemukan kesulitan nantinya. Karena itu tadi, menjadi mahasiswa rantau juga melakukan semuanya sendiri tanpa ada pengawasan dari orang tua dan keluarga, maka bisa dikatakan kalau mahasiswa rantau itu jauh lebih bisa mengatur diri sendiri daripada mereka yang bukan mahasiswa rantau. Seperti itu bukan?

Dan disetiap pengalaman yang kamu dapatkan pasti ada suka maupun duka. Begitu juga dengan pengalamanmu ketika menjadi mahasiswa rantau. Ada banyak duka yang akan kamu hadapi ditempat perantauan tapi ada juga suka sehingga bisa kamu petik dari tempat perantauan dan kamu jadikan bekal di kehidupanmu  akan datang. 

Nah Yang paling penting dari menjadi mahasiswa rantau adalah selalu ingat pada keluargamu yang ada di rumah. Ingat bahwa kamu saat ini merantau demi mereka, maka semua kesedihan dan kesulitanmu di tempat perantauan akan bisa kamu selesaikan dengan mudah.


Tulungagaung, 19 November 2021



Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi