Formasta

LANGKAH AWAL MENGENAL PENDIDIKAN

Herlinda Intan Puspita Sari

kalau kita berbicara pendidikan sudah terlalu bosan rasanya, dan kata itu sangat tak asing ditelinga kita, tapi apakah kita yang selalu mendengar kata tersebut dapat memahami makna yang sebenarnya? Bagi sebagian orang pasti tau apa itu makna dan maksud dari pendidikan itu sendiri, tapi tak sedikit juga dari mereka yang tak mengerti apa itu sebenarnya pendidikan.

Berbicara pendidikan bukan hanya tentang kita sekolah dan belajar, tapi lebih dari itu, menurut kalian apa itu pendidikan dari yang sekarang kalian alami? Pendidikan yang bagaimana yang kalian dapatkan ? darimana saja pendidikan yang kalian dapatkan? Dan masih banyak lagi. Baiklah untuk itu kita bahas dari awal apa itu pendidikan ?

pendidikan menurut (UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003) adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilih kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) mengartikan pendidikan sebagai pembudayaan buah budi manusia yang beradab dan buah perjuangan manusia terhadap dua kekuatan yang selalu mengelilingi hidup manusia yaitu kodrat alam dan zaman atau masyarakat (dewantara II, 1994)

Dari kedua pengertian itu saja dapat diartikan bahwa pendidikan itu proses pembelajaran untuk kita menjadi manusia yang mampu mengembangkan dan  melaksanakan tujuan kita di dunia ini. yang nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat, bangsa sampai negara. Lalu tujuan dari pendidikan itu apa sebenarnya? kita lihat dari pengertian pendidikan tadi, berarti disitu sudah jelas bahwa pendidikan itu untuk menciptakan manusia yang berkarakter dan berkualitas tinggi serta memiliki pandangan luas kedepan untuk mencapai cita-citanya.

Pendidikan itu tak hanya kita dapatkan dari sekolah, karena awal pendidikan itu kita mulai dari keluarga, contohnya sebelum kalian lahir saja orang tua kalian ada yang sudah mengajarkan kalian untuk mengenal musik, contohnya dengan menyanyikan lagu sambil memainkan alat musik laul ibu kalian mengusap perutnya, dengan harapan apa? Mereka berharap kalian nantinya dapat mengenal musik atau bahkan menjadi musisi ketika kalian besar nanti. Dan kalian lahir pun sampai beranjak dewasa, orang tua kalian di rumah tentunya mengajarkan sopan santun terhadap orang yang lebih tua, lebih muda dan seumuran. Dan sebelum kalian masuk ke sekolah orang tua juga sudah mengenalkan huruf serta angka kepada kalian supaya nanti di sekolah kalian tidak mengalami kesulitan.

Itu semuanya bentuk pendidikan dasar untuk bekal kita sebelum masuk kedunia sekolah. Hingga akhirnya kita masuk kedunia sekolah mulai dari PAUD atau bahkan ada yang langsung TK. Dan  disekolah kita di ajarakan mengenal dunia lebih luas, mulai bertambahnya teman dan ilmu baru yang belum kalian dapatkan di rumah.

Pendidikan sangat luas, sehingga kita perlu memahaminya dari yang paling dasar agar kita tidak menganggap pendidikan itu sebagai suatu beban untuk kita, Dan menjadikan proses pendidikan untuk mengejar suatu hal yang ingin kalian gapai.


Tulungagung, 25 Oktober 2022


Editor : Endang Fitriani

Pimred : Ahmad Ridwan, M. Pd



Post a Comment

Previous Post Next Post
Literasi

Jasa Skripsi